selamat datang

Kamis, 06 Mei 2010

PROGRAM KERJA YAYASAN UMRONIYAH

PROGRAM KERJA YAYASAN JANGKA PANJANG :

1. Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan :
Merupakan Kegiatan Utama Yayasan. Untuk itu Program Jangka Panjangnya akan membentuk institusi/Lembaga sesuai dengan kebutuhan masyarakat antara lain :

· a. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Masyarakat.

· b. Lembaga Konsultasi Pendidikan

· c. Sekolah formal dan Non formal

2. Bidang Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan:
Membentuk Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan yang akan melakukan Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bahan acuan bagi Pengurus Yayasan untuk melaksanakan Program dan Kegiatan Yayasan dalam rangka mencapai Tujuan Yayasan.

3. Bidang Sosial dan Kesejahteraan: Menyediakan pelayanan konsultasi dan bantuan Modal dalam upaya mengembangkan usaha masyarakat, sebagai upaya tindak lanjut Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan yang telah diberikan.

4. Bidang Usaha:
Melakukan kerjasama dalam upaya pengembangan masyarakat dengan pemerintah dan lembaga masyarakat baik dalam maupun luar negeri.

5. BidangUmum:
Penyediaan asset yang berhubungan dengan Pengembangan Masyarakat untuk dapat dimanfaatkan masyarakat dengan biaya murah atau tanpa biaya.

6. Bidang Perencanaan dan Pengendalian Progam:
Penyiapan program kerja dan evaluasi secara konsisten dengan jalan penerbitan daftar/jadwal kegiatan Yayasan (bulanan dan tahunan), Penerbitan Leaflet dan Brosur, Buku, serta Pembangunan Pusat Informasi Yayasan.

Aktivitas dan Progam Kerja Yayasan (2010/ 2011):

1. Bidang Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan: Menyediakan Konsultasi Usaha tani, Penerbitan Brosur/Leaflet/Website.

2. Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan : menerbitkan berita berkala dan kalender, kursus dan pelatihan, Penyuluhan masyarakat/petani miskin/Kecil.

3. Bidang Sosial dan Kesejahteraan: santunan, membantu memberikan informasi dan pemberian konsultasi kepada masyarakat dalam memperoleh dan mengelola bantuan permodalan dari Lembaga Keuangan.

4. Bidang Usaha: Kotak amal Jariyah, Tabungan, bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga masyarakat.

5. Bidang Umum: merencanakan pengadaan aset sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan program, pengembangan dan pemanfaatan aset.

6. Bidang Perencanaan dan Pengendalian Progam: penyiapan program kerja dan penerbitan daftar/jadwal kegiatan Yayasan (bulanan dan tahunan), Penerbitan Leaflet dan Brosur.


Secara garis besar, aktivitas atau program yang bergulir di lingkungan Yayasan Umroniyah TPI Porong dapat dikatagorikan ke dalam beberapa katagori.


Pertama , Kegiatan Yayasan. Yakni kegiatan-kegiatan yang penyelenggaraannya langsung ditangani oleh Yayasan Umroniyah TPI Porong.

Kedua , Kegiatan Rutin. Kegiatan berkatagori rutin ditangani oleh Pengurus yang merupakan kepanjangan tangan Yayasan Umroniyah TPI Porong.

Ketiga , kegiatan Bersama. Kegiatan dengan katagori ini merupakan aktifitas yang diselenggarakan bersama antara Yayasan Umroniyah TPI Porong dengan institusi lain.
Keempat, Yayasan Umroniyah TPI Porong menjadi fasilitator kegiatan yang diadakan oleh organisasi lain.

Katagori aktivitas di atas dibuat untuk membuat fleksibilitas sekaligus menghindari kejenuhan akibat kegiatan-kagiatan Pendidikan dan Pengajaran yang monoton. Kaidah yang dipegang oleh Yayasan Umroniyah TPI Porong, dalam hal ini Yayasan Umroniyah, adalah memfasilitasi, Yayasan Umroniyah dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua pihak sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan Yayasan. Siapa pun atau lembaga apa pun yang dapat memanfaatkan fasilitas Yayasan Umroniyah perlu mengindahkan tujuan Yayasan Umroniyah serta sejalan dengan Progam Yayasan Umroniyah. Pelaksanaan program-program di atas dilakukan secara integratif antara yayasan dan Pengurus. Dengan demikian maka pelaksanaan kegiatan yang didelegasikan kepada Pengurus sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya tergambar dalam aktifitas Pengurus.

Ketua Pengurus, Sekretaris Pengurus,

Mujaddiduzzaman Machfudz Siddiq, S. Ag


Disahkan di : PORONG
Pada Tanggal :28 Maret 2010
Oleh Pembina,



H.Moh.Djadid, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda: